Menjeda Tuk Membiarkan Hati Memilih

10 Feb 2014

c5ec761b3d66f483b63b712cd4419efd_menjeda

Judul: Menjeda
Penulis: Adya Pramudita
Penerbit: Grasindo
Tebal: 265 halaman
ISBN: 978-602-251-328-5
Harga: Rp 49.000

***

Kita memang hanya memiliki satu hati, tapi kita bisa menyayangi beberapa orang dalam satu waktu. Tentu dengan tingkatan yang berbeda, dalam ruang-ruang rwdup hingga terang benderang. Hanya hati kita yang mengetahui siapa yang menempati ruang dan tingkatan yang mana. Dan, seharusnya itu tidak tertukar. (hal 1)

Masa lalu terkadang membelenggu seseorang untuk melangkah maju. Masa lalu juga terkadang menjadi bayang-bayang yang membuat seseorang ragu untuk memilih sebab perpisahan di masa lalu tidak serta merta jejaknya terhapus dalam ingatan. Itu pula yang kini dirasakan oleh Keira.

Sepuluh tahun sudah Keira meninggalkan tanah air dan tinggal di Roma bersama Radja. Tinggal di satu apartemen dengan daerah teritorial masing-masing. Radja, dengan segenap perhatiannya ternyata belum mampu meyakinkan Keira untuk memutuskan melangkah ke jenjang lebih serius daripada sebagai teman tapi mesra seperti saat ini.

Adalah Giras, lelaki di masa lalu Keira yang telah membetot hatinya hingga sepertinya sulit menemukan kebaikan pada diri Radja. Padahal keduanya ibarat Bemo dengan Ferari, tak sulit untuk menilai yang mana diantara keduanya yang layak menjadi tempat bagi Keira bersandar.

Dan, keterombang ambingan Keira berujung pada keputusannya untuk pulang ke tanah air. Meminta jeda sejenak pada Radja agar hatinya bisa memilih.

Pulang dengan hati terbelah ternyata tak membuat hatinya semakin yakin kecenderungannya. Serentetan peristiwa semakin memberi jarak dan membingungkannya. Keira semakin bingung apa sesungguhnya yang diinginkan hatinya. Akankah jeda ini segera berakhir? Dan, akankah Keira mampu memutuskan kemana seharusnya hatinya berlabuh?

***

Menjeda merupakan karya perdana Adya Pramudita. Novel yang memiliki alur manis ini tak menawarkan cerita cinta yang meletup-letup. Kebimbangan Keira menentukan antara Radja dan Giras sempat membuat saya gemas.

Pendirian Keira yang sering berubah-ubah mungkin sedikit aneh bagi sebagian orang. Namun, sebagai orang pernah mengalami broken home sebagaimana Keira, saya bisa merasakan betapa sulit menentukan seseorang yang akan membersamai langkah ke jenjang pernikahan. Cinta lalu yang terlanjur terpatri terkadang menutupi cinta yang lebih indah sesudahnya. Butuh waktu lebih untuk meyakinkan hati bahwa yang lalu harus segera dikubur. Beruntung, Radja digambarkan sebagai sosok yang sangat pengertian. Radja sosok yang bisa menyikapi rasa cemburunya secara dewasa.

Kejutan diakhir cerita sempat membuat saya deg-degan. Dan, cerita cinta Keira pun berakhir manis. Happy ending ^^


TAGS Menjeda


-

Author

Follow Me